Memahami Fungsi Today pada Excel 2007

Pada kesempatan kali ini, kami akan share fungsi excel yang tebilang sangat sederhana yaitu fungsi today pada excel 2007. Dikatakan sederhanya karena dari proses penggunaannya maupun penerapan fungsi ini pada saat bekerja pada lembar kerja excel tidak membutuhkan usaha. Jadi untuk pengguna pemula sekalipun akan sangat mudah untuk memahami fungsi today.

Fungsi ini sering kita gunakan untuk terus menerus memperbaharui tanggal setiap hari secara otomatis tanpa harus menuliskan tanggal hari ini. Akan tetapi ketika kita menginginkan tanggal tidak berbah, sebaiknya jangan gunakan fungsi excel yang satu ini, agar jejak terakhir Anda edit lembar kerja dapat terlacak.

Fungsi today mirip dengan isert date pada ms word, yang juga berubah otomatis mengikuti tanggal pada komputer yang digunakan. Sampai disini saya harap Anda sudah memahaminya, jadi mari kita lanjutkan.

Ringkasan

Fungsi Excel TODAY mengembalikan tanggal saat ini, diperbarui terus menerus ketika lembar kerja diubah atau dibuka. Fungsi TODAY tidak membutuhkan argumen. Anda dapat memformat nilai yang dikembalikan oleh TODAY menggunakan format tanggal standar. Jika Anda membutuhkan tanggal dan waktu saat ini, gunakan fungsi SEKARANG.

 

Tujuan

Untuk mendapatkan tanggal sekarang dari cell yang kita inginkan.

Kembalikan nilai

Nomor seri yang mewakili tanggal tertentu di Excel 2007 atau versi sebelum dan seterusnya.

Sintaksis

=TODAY ()

Catatan penggunaan

Fungsi TODAY pada excel tidak mengambil parameter, tetapi mengharuskan Anda menggunakan tanda kurung kosong atau buka dan tutup kurung pada penulisan rumusnya().

Nilai yang dikembalikan oleh fungsi TODAY akan terus diperbarui setiap kali lembar kerja dihitung ulang (misalnya, setiap kali nilai sel dimasukkan atau diubah). Gunakan F9 untuk memaksa lembar kerja untuk menghitung ulang dan memperbarui nilainya.

Baca:   Trik Mudah Menggunakan Rumus Excel Vlookup pada Sheet Berbeda

Jika Anda memerlukan tanggal statis yang tidak akan berubah, Anda dapat memasukkan tanggal saat ini menggunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift +;

 

Contoh Penggunaan:

Katakanlah Anda mulai mengetik tanggal pada cell B4 dan cell tersebut adalah hasil dari formulasi fungsi today. Maka ketik =today() pada cell B4 dan hasilnya akan menunjukan tanggal sesuai komputer Anda. Jika Anda ingin mengetahui tanggal satu minggu kemudian tinggal tambahkan 7 pada rumus =today()+7 dan sebulan kemudian menjadi =today()+30. Perhatikan gambar dibawah ini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *