Fungsi Count (Hitung) dan Sum (Jumlah)

Halo… berjumpa lagi dengan kami dalam sesi singkat ini. Pada kesempatan ini, kita akan membahas seputar fungsi count (menghitung) dan fungsi sum (menjumlahkan.

Nah, kedua fungsi ini adalah yang paling dasar sebelum fungsi lain seperti fungsi logika, fungsi teks, fungsi reference dan fungsi statistik…

Fungsi yang paling sering digunakan di Excel adalah fungsi yang menghitung (count) dan menjumlahkan (sum). Anda dapat menghitung dan menjumlahkan berdasarkan satu kriteria atau beberapa kriteria.

Fungsi Count
Untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, gunakan fungsi COUNT.

Fungsi Countif
Untuk menghitung sel berdasarkan satu kriteria (misalnya, lebih besar dari 9), gunakan fungsi COUNTIF berikut.

Fungsi Countifs
Untuk menghitung sel berdasarkan beberapa kriteria (misalnya, hijau dan lebih besar dari 9), gunakan fungsi COUNTIFS berikut.

Fungsi SUM
Untuk menjumlahkan rentang sel, gunakan fungsi SUM.

Fungsi Sumif
Untuk menjumlahkan sel berdasarkan satu kriteria (misalnya, lebih besar dari 9), gunakan fungsi SUMIF berikut (dua argumen).

Untuk menjumlahkan sel berdasarkan satu kriteria (misalnya, hijau), gunakan fungsi SUMIF berikut (tiga argumen, argumen terakhir adalah rentang untuk dijumlahkan).

Fungsi Sumifs
Untuk menjumlahkan sel berdasarkan beberapa kriteria (misalnya, lingkaran dan merah), gunakan fungsi SUMIFS berikut (argumen pertama adalah rentang untuk dijumlahkan).

Catatan umum: dengan cara yang sama, Anda dapat menggunakan fungsi AVERAGEIF untuk rata-rata sel berdasarkan satu kriteria dan fungsi AVERAGEIFS untuk rata-rata sel berdasarkan beberapa kriteria.

Lebih lanjut bisa Anda pelajari DISINI.

Artikel Menarik Lainnya

Baca:   Berapa Jumlah Kolom dan Baris pada Microsoft Excel 2007?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *