Cara Menggunakan Rumus Countif pada Microsoft Excel

Pada Microsoft Excel sangat banyak rumus/fungsi yang bisa kita gunakan untuk mengolah data dan angka. Kali ini saya akan fokus mengulas tentang Cara Menggunakan RumusCountif.

Kita semua tahu bahwa Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi komputer yang dirancang untuk mengolah data dan angka yang komplek sekalipun. Pengolahan data bisa berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, menghitung berdasarkan kriteria, menjumlahkan berdasarkan kriteria, dan lainnya.

Seperti yang kita tahu, untuk mengolah atau lebih tepatnya menghitung (count) data berdasarkan kategori diperlukan rumus countif dimana berbagai kategori bisa kita hitung. Contoh kategori jenis kelamin, data pembeli, usia, dan lainnya.

Rumus countif bertujuan untuk memudahkan perhitungan sejumlah kategori hanya dengan sekali sentuhan. Maksudnya adalah perhitungannya dilakukan sekali untuk beberapa sheet dan kolom.

Rumus countif terdiri dari struktur range dan criteria. Range adalah kolom yang akan kita hitung, sedangkan Criteria adalah perhitungan berdasarkan kriteria.

Jangan lupa setiap rumus/fungsi pada Ms Excel selalu diawali dengan “=” dan diakhiri dengan “enter” untuk memproses fungsi/rumus yang telah Anda buat.


Nah, agar tidak terlalu panjang, sebaiknya langsung saja kita mengulas tentang cara menggunakan rumus countif pada Microsoft Excel, ikuti langkah demi langkah berikut ini.

  1. Pertama-tama, buka file lembar kerja yang akan kita hitung berdasarkan kategori/kriteria (Misalkan menghitung data berdasarkan jenis kelamin).
Catatan: Membuka file yang sudah ada hanya ingin agar mempercepat proses belajar ketimbang kita bikin data dari awal, yang akan diulas pada edisi selanjutnya.
Cara Menggunakan Rumus Countif pada Microsoft Excel

  1. Setelah file/lembar kerja terbuka, lakukan perhitungan pada baris paling akhir lembar kerja Anda. Tujuannya adalah untuk memudahkan pelaporan dan pengecekan data yang baru saja Anda buat. Pada contoh ini saya membuat perhitungan pada baris 23 kolom D (D23).
    Cara Menggunakan Rumus Countif pada Microsoft Excel

  2. Selanjutnya, lakukan perhitungan dengan cara mengetik manual atau klik tombol fx pada function bar. Untuk pengetikan secara manual, rumusnya: =countif(range;criteria).  Perhatikan gambar dibawah paling paling bawah!
    Cara Menggunakan Rumus Countif pada Microsoft ExcelCara Menggunakan Rumus Countif pada Microsoft Excel

  3. Terakhir, simpan hasil pekerjaan Anda agar tidak berubah saat Anda keluarkan file.

Demikian ulasan singkat tentang Cara Menggunakan Rumus Countif pada Ms. Excel, semoga bermanfaat untuk membantu Anda menghitung berdasarkan kriteria.
Baca:   Bagaimana Rumus Excel untuk Penjumlahan Antar Kolom?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *